Review Filter CPL B+W F-PRO CPL SC 77mm

     Yeah akhirnya bisa ngeblog lagi kan buat menuhin janji disini, hehe. Ok langsung aja sebelum aku review tentang filter CPL yang satu ini, aku mau curhat dulu lah. Hobi moto landscape halah  disiang hari seringkali kita cuman ngerasa kecewa dengan hasilnya ? Pasti banyak juga kan yang ngerasa udah capek-capek hunting, trus liat hasilnya yang mengecewakan? Hayo ngakuuu. Mesti ada yang over exposure, under, bahkan ga keliatan hasillnya kan. Yup seringkali kita mengalami hal ini karena cuaca siang hari yang sangat terik sehingga kamera tidak mampu menyeimbangkan exposure antara dataran dan dan langit. Perbedaan cahaya yang cukup kuat tidak mampu diolah oleh kamera karena keterbatan fitur.
     Karena problem di atas, jujur aja aku jadi males moto landscape disiang hari, gimana ngga coba udah capek-capek hunting tapi ternyata hasinya, hmmmm sangat mengecewakan . Pada akhirnya aku browsing-browing tentang masalah ini diberbagai forum, baik fotografer.net, kaskus, dan group-group. Akhirnya dari berbagai sumber itu aku bisa mendapatkan pencerahan, dan ternyata masalah yang aku hadapi bisa diatasi dengan menggunakan Filter CPL.
     Filter CPL (circular polarizer) sendiri merupakan filter yang digunakan untuk meningkatkan saturasi warna dan mengurangi pantulan cahay, dan tentunya mengurangi cahaya yang masuk ke kamera.Eits perlu diinget ya untuk menggunakan filter ini sebaiknya dengan arah 90 derajat dari sumber cahaya ya. Soalnya jika menggunakan langsung menghadap ke sumber cahaya bakalan tidak muncul efeknya.
     Setelah muter sana-sini, nentuin merk apa Hoya / Haida / Phottix dan sebagainya, akhirnya pilihanku jatuh ke CPL B+W F-PRO CPL SC 77mm.Cukup waktu lama juga untuk meminangnya, harus nabung dlu wkwkw. Setelah kumpulin uang akhirnya mantap meninangknya. Ini wujud bungkus Filternya ( Gambar dari internet ya, kardunya dah ilang) wkwkw. 
Kalo liat di web nya sih spesifikasinya seperti ini :
  • Most B+W filter types and diameters* are available in the standard F-Pro mount
  • Useful for wide angle lenses (24mm and longer on full frame DSLR cameras)
  • Front thread for additional accessories, snap-in lens cap
  • Single-Coated or MRC
    * Close-up lenses stop at 77mm and the full range of solid NDs are offered through 82mm.
    ND.3 and ND.6 are offered in 86mm through 122mm.
     Dari pada bingung-bingung langsung aku coba aja. Barang dateng, langsung aku pasangkan ke lensku. Dan ketika itu aku binggung, lho kok ga enek bedane dalam diamku. Ternyata aku fotonya langsung menghadap matahari wkw. Akhirnya setelah baca-baca nemu juga kan caranya. Dan Seketika langsung kaget liat hasilnya, boleh dibilang wow banget menurutku. Yok liat langsung aja, wkwkw.
  1. Percobaan Pertama


      2. Percobaan Kedua



      
     Bagaimna? Menarik bukan? Hehehe besuk kapan-kapan aku share lagi yak hasil-hasil dari Filter ini. Thx for reading Gan,

0 komentar:

Posting Komentar